TUGAS TOU 1 MINGGU KE 1

TUGAS 1 SEJARAH KOMUNIKASI



Sejarah Komunikasi pasti sudah tidak asing lagi kita mendengar atau membaca  kata-kata tersebut . Kata tersebut berasal dari 2 suku kata yaitu Sejarah dan Komunikasi.
Sejarah sendiri berasal dari Bahasa yunani yaitu historia, yang berarti  penyelidikan, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian  studi tentang masa lalu, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia.
Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
     Dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun secara non verbal harus dimengerti oleh kedua pihak agar tidak menjadi Miss Communication atau yang sering kita sebut dengan salah paham. Komunikasi sudah berlangsung sejak zaman para nabi dan rasul. Dan yang paling berpengaruh pada saat zaman nabi yaitu bilal yang mengumandangkan adzan sebagai komunikasi sesama manusia untuk melakukan sholat. Manusia purba juga melakukan komunikasi dengan cara engahan,lengkingan dan geraman . banyak bukti manusia purba berkomunikasi dengan sesama dengan ditemukannya cetakan tangan,gambar binatang dll.
     manusia pertama kali melakukan komunikasi menggunakan api disetiap bukit dan melakukan sebuah gerakan untuk menginformasikan sesuatu dan itu adalah sebagai cikal bakal radio. Manusia juga pertama kali menggunakan alat dari tali untuk menelpon orang yang ada dikejauhan dan itu cikal bakal telepon. Dan mulai berkembang pada abad ke 20 dan pada abad tersebut sudah ada radio dan televisi dan komputer. Pada zaman dulu alat komunikasi sangatlah besar,berat dan sangat mahal hanya orang-orang tertentu yang bisa membelinya dan komunikasi sangatlah sulit pada zaman dahulu karena teknologi masih belum berkembang,
    Seperti komputer bentuknya 2x lapangan sepak bola dan komputer itu beratnya hingga ratusan kg, komputer itu digunakan pada eranya hanya untuk keperluan perang. Dan sekarang kita sudah berada dizaman modern yang sangatlah canggih komunikasi bukanlah hal yang sulit lagi dilakukan lagi oleh umat manusia apalagi sekarang yang sudah terpisah oleh jarak dan waktu bisa kembali berteman lagi dengan adanya media sosial contohnya facebook dan twitter. Kita hanya membutuhkan koneksi internet dan pulsa saja.
    Kita sabagai mahasiswa harus berkomunikasi dengan baik kepada seseorang misalnya yang lebih tua dari kita agar kita mendapat teman dan sama bapak-bapak komplek agar kita dikenal sama orang banyak dan tentunya tidak kaku terhadap pergaulan diera modern ini.
   Semenjak perkembangan zaman yang begitu cepat komunikasi seseorang hanyalah dimedia saja jadi sewaktu komunikasi sama seseorang lainnya agak kagok.
Unsur-Unsur yang mempengaruhi informasi ada 3 macam yaitu :
1.Komunikator adalah orang yang memberikan suatu informasi yang berisikan fakta maupun opini.
2.Komunikan adaah orang yang menerima atau menampung sebuah informasi.
3.Media adalah alat untuk menyebarluaskan informasi baik media cetak maupun elektronik.
             Didalam berkomunikasi mempunyai tatakrama dan sopan santun seperti kita mau berkomunikasi harus lemah lebut kepada orang yang lebih tua dari kita maupun dengan seumuran itu semua terdapat dalam surat QS. 20:44
“Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut.”
    Bukan hanya sesama manusia saja kita berkomunikasi tetapi sama sang pencipta kita dan seluruh jagat raya yaitu ALLAH SWT.
Waktu-waktu yang sangat dianjurkan untuk berkomunikasi sama allah yaitu :
1. Ketika sahur atau sepertiga malam terakhir
Allah Ta’ala mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam yang terakhir. Allah Ta’alaberfirman tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, salah satunya:
وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون
Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)
, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)
2. Ketika berbuka puasa
Waktu berbuka puasa pun merupakan waktu yang penuh keberkahan, karena diwaktu ini manusia merasakan salah satu kebahagiaan ibadah puasa, yaitu diperbolehkannya makan dan minum setelah seharian menahannya, sebagaimana hadits:
للصائم فرحتان : فرحة عند فطره و فرحة عند لقاء ربه
Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” (HR. Muslim, no.1151)
Keberkahan lain di waktu berbuka puasa adalah dikabulkannya doa orang yang telah berpuasa, sebagaimana sabda  Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:
ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم
‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)
3. Ketia malam lalilatul qadr
Malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al Qur’an. Malam ini lebih utama dari 1000 bulan. Sebagaimana firmanAllah Ta’ala:
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan” (QS. Al Qadr: 3)
4. Ketika adzan berkumandang
Selain dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafazh yang sama, saat adzan dikumandangkan pun termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa.  RasulullahShallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا
Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)
5. Di antara adzan dan iqamah
Waktu jeda antara adzan dan iqamah adalah juga merupakan waktu yang dianjurkan untuk berdoa, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:
الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة
Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)
  Mengapa kita perlu berkomunikasi sama allah karena kita hanyalah manusia lemah dan tidak apa-apanya dihadapan allah pasti kita kalau lagi dikeadaan yang susah pasti kita meminta bantuan dari allah .
Sumber:

1HTT://CATATAN CALON WARTAWAN
2.http://muslim.or.id/3853-waktu-waktu-terkabulnya-doa.html

3.Wikipedia

Komentar

Postingan Populer