TUGAS 2 TEORI ORGANISASI UMUM 1#
JUDUL TUGAS CONTOH PERUSAHAAN MULTINASIONAL


Biografi stan shih (pendiri acer).
Lahir pada tanggal 8 desember 1994 di Taiwan. Ia pendiri dari perusahaan komputer acer, Ia juga adalah ketua dari group perusahaan acer produknya mulai dari laptop,netbook,komputer,LCD dan lain-lain. Ia dilahirkan dimasa-masa akhir pendudukan jepang di Taiwan. Ia terlahir sebagai keluarga yang miskin karena menderita akibat dari kependudukan dari jepang. Stan Shih merupakan model klasik bagi figure-figur di Taiwan. Stan kecil telah membantu ibunya yang menjanda untuk berjualan telur. Sifat naruli mandiri dan bisnisnya mulai tumbuh dari kegiatan membantu ibunya.
Setelah lulus dari SMA di Taiwan. Stan Shih kemudian masuk universitas national jiao tong university di Taiwan. Kemudian setelah lulus dan menerima gelar sarjana dan master dalam jurusan teknik elektro. Stan bersama istrinya Carolyn Yeh mendirikan multitech pada tahun 1976 kemudian mengubah namanya perusahaan tersebut menjadi Acer pada tahun 1987. Seiring berkembangnya waktu perusahaan tersebut berkembang menjadi perusahaan besar di Taiwan dan di dunia yang bergerak dibidang komputer, kemudian pada pertengahan tahun 1990an, Stan sukses menjadikan acer sebagai salah satu merk papan atas dalam dunia dalam hal produk PC yang mulai bersaing dengan raksasa jepang seperti NEC dan Toshiba, dan pesaing dari kawasan eropa dan amerika seperti dell.
Yang mencengangkan saat perusahaannya mulai berkembang pesat sebagai salah satu perusahaan komputer ternama didunia,Stan pension pada tahun 2004.
*Pesan yang bisa diambil dari Stan
-Orang Tionghoa akan berusaha terus bekerja sampai kondisi fisiknya tidak sanggup lagi.
-Beliau memperhatikan karyawannya seperti keluarganya sendiri.
-Walau dia orang konglomerat dia tetep hidup sederhana dan bahagia.

*Sejarah singkat


Siapa yang tak kenal dengan merk komputer,laptop dan notebook yang satu ini,harganya murah,stylenya bagus,desainnya bagus maka tak heran produk acer menjadi bahan pencarian masyarakat teruma diIndonesia. Acer adalah lima besar merek komputer yang digunakan untuk komputer pribadi.Produk acer antara lain adalah desktop,notebook,server,penyipanan data,layar dan lebih barunya acer meliris produk barunya yaitu smartphone dan digunakan untuk bisnis,pemerintahan,pendidikan dan juga untuk memakai sehari-hari.
pertama didirikan nama acer bukanlah seperti yang kita kenal sekarang akan tetapi memiliki nama yang kuno yaitu multitech yang didirikan pada tahun 1967 yang kemudian dinamakan acer pada tahun 1989. Perusahaan acer mempunyai karyawan 39.000 orang diberbagai belahan dunia yang kita-kira >100 negara dunia.
Jadi perusahaan ini lebih muda dari pada perusahaan sony yang berada di minato japan. Kantor pusat acer terletak di Sijhih,Taipei Country, Taiwan. Acer banyak kemajuan dan kemunduran terutama dipemasarannya contoh diamerika merosot sedangkan di eropa meningkat drastis.
*Tahapan penciptaan teknologi acer :
Tahap 1 (1976-1986) mengkomersilkan teknologi mikroprosesor
Tahap 2 (1987-1995) membangun merek terkemuka dan menuju ke pasar dunia global
Tahap 3 (1996-2000) menawarkan teknologi segar untuk semua orang
Tahap 4 (2001-        ) Transform dari manufaktur kelayanan


*Kelebihan dan Kekurangan laptop acer :
Kelebihan
1. Harga paling murah diantara laptop branded, bahkan lebih murah dari HP/compaq (harga bersaing kok dengan brand lokal)

2. Desain lumayan manis

3. Service supportnya bagus (dari pengalaman ane nih, laptop acer ane yg pertama ane punya sampe rusak 4 kali dalam masa garansi, semuanya diperbaikin dengan tuntas dalam waktu yg singkat (Untuk GARANSI RESMI))

Kelemahan Kekurangan
1. konstruksi casing paling ringkih, panel lcd gampang retak, keyboard payah

2. desainnya kurang beragam antar seri/varian, jadinya kurang pede kalo dibawa2 soalnya banyak samanya

*Daftar pustaka
http://berryramadhan.blogspot.co.id/2013/12/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
http://elmayanjy.blogspot.co.id/2015/01/perusahaan-acer-dan-sejarah.html
http://mesin-penelusur.blogspot.co.id/2011/06/perusahaan-acer-asal-taiwan.html

Komentar

Postingan Populer