Hubungan ilmu sosial dasar dengan sistem informasi


Pengertian Sistem Informasi pasti kalian belum tau kan apa itu sistem informasi? Ini dia pengertiannya:
*Alter (1992)
*Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam suatu perusahaan.
*pengertian Sistem Informasi Menurut saya adalah Suatu ilmu yang mempelajari suatu sistem,sistem itu terpakai di sebuah perusahan sistem itu meliputu software, karena di sistem informasi terfokus pada pembelajaran bikin software.

* Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Secara sederhana Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan Interaksi sosialnya. Istilah Ilmu Sosial Dasar dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang aslinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri. Adanya Interaksi sosial antara dua orang atau lebih sangatlah penting dalam menjalankan hidup ini dan merupakan salah satu faktor penunjang dalam berorganisasi,dan interaksi.
Berdasarkan data dan kesimpulan diatas dari keseluruhan karya ilmiah ini, maka saya menyarankan kepada pembaca, agar mau mengenali apa itu Sistem Informasi dan Ilmu Budaya Dasar, karena dengan mempelajarinya kita sebagai masyarakat akan lebih mengerti cara untuk menyampaikan dan mendapatkan informasi secara jelas, dan penyampaian yang baik.Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial. Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas. Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.

2. TUJUAN

a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat

Jadi saya bisa menarik kesimpulan ilmu sosial dasar dengan sistem informasi itu sangatlah kuat diantara keduanya karena semakin berkembangnya zaman manusia membutuhkan sistem informasi misalnya untuk mengakses temannya yg di luar pulau melalui media sosial facebook,twitter dan lain2 jadi kita tidak perlu betemu langsung dengan teman kita dan kita bisa mengobrol di media sosial tersebut

Sumber : 1. ejjaaizz.blogspot.com/2010/02/ditulis-oleh-faizal-reza-universitas.html
                2. http://tyomulyawan.wordpress.com/pengertian-dan-tujuan-ilmu-sosial-dasar/


Komentar

Postingan Populer